Okky Asokawati Dukung KIS Bantu PMKS

Berita Kesehatan


DIBALIK polemik Kartu Indonesia Sehat (KIS), Okky Asokawati, Anggota DPR Komisi IX dari Fraksi PPP ini, mendukung KIS jika untuk membantu penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).


“Menurut saya, KIS ini bagus. Apa pun itu, jika untuk kesejahteraan masyarakat, tentu kami dukung. Presiden kan mengatakan ini bisa menjangkau yang selama ini tidak terjangkau,” tuturnya kepada Okezone, baru-baru ini, saat ditemui di Hotel Alia Cikini, Jakarta Pusat.


Sejauh ini, presiden menyatakan bahwa KIS diadakan untuk menjangkau 4,4 juta masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), seperti gelandangan, penyandang cacat, lanjut usia, tuna sosial, korban penyalahgunaan NAPZA, dan narapidana.


Walau demikian, jumlah tersebut belum jelas apakah masuk ke dalam 86,4 juta masyarakat yang menjadi anggota Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dimasukkan ke dalam program BPJS dengan tanggungan pemerintah. Ketidakjelasan inilah yang membuat anggota komisi IX DPR RI ini mengkritiki kebijakan KIS yang belum jelas.


KIS yang diprakarsai oleh Presiden Joko Widodo menggunakan jasa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagai pelaksananya. Beberapa ide KIS dari presiden cukup bertentangan dengan aturan BPJS, di antaranya fungsi kartu dan jenjang pelayanan kesehatan.


“Kita lihat dari sudut jenjang pelayanan kesehatan, BPJS pakai sistem rujukan dengan langkah mengajukan puskesmas terlebih dahulu. Sementara itu, KIS dimulai dari posyandu. Itu salah satu tumpang tindihnya. Kemudian, KIS diakui keunggulannya karena meliputi pelayanan preventif, tapi yang saya amati BPJS juga bisa preventif, kita tahu BPJS bisa melayani tes pencegahan kanker serviks dan diabetes.” pungkasnya.


0 Response to "Okky Asokawati Dukung KIS Bantu PMKS"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef