Sikat Gigi Sore Hari Sebaiknya Dihindari

Berita Kesehatan


MENGGOSOK gigi dua kali sehari adalah hal yang sering disarankan pada ahli gigi. Sayangnya, tidak banyak orang yang memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi.


Para ahli mengatakan, waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah sesudah makan dan sebelum tidur. Namun demikian, banyak masyarakat kita, khususnya anak-anak, yang biasa menyikat gigi pada saat mandi sore.


Menurut Drg. Eko Fibryanto, SpKG., ahli konservasi gigi di Universitas Trisakti, banyak pasien anak yang ditemuinya diajarkan oleh orangtua kebiasaan dan waktu menyikat gigi yang salah. Kesalahan tersebut adalah menyikat gigi saat mandi sore dan tidak lagi pada saat sebelum tidur.


“Setelah mandi, mereka minum susu, makan malam, padahal semua itu pasti mengandung gula dan sisa makanan di mulut. Ketika dibawa tidur, semua itu menjadi makanan bagi bakteri di mulut dan gigi, yang kemudian difermentasi menjadi asam,” paparnya saat ditemui pada Senin, (27/10/2014).


Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah gigi. Di antaranya seperti gigi itu sendiri, bakteri mulut, kandungan makanan, dan waktu membersihkan gigi yang salah. Dengan demikian, menyikat gigi dan berkumur tidak hanya harus benar, namun juga tepat waktunya.


“Itulah alasan mengapa kita harus menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur,” pungkasnya.


0 Response to "Sikat Gigi Sore Hari Sebaiknya Dihindari"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef