Angka Kematian Akibat Ebola Masih 49,09 Persen

Berita Kesehatan


SAMPAI akhir pekan lalu, angka kematian akibat wabah Ebola di seluruh dunia masih berada di angka 49,09 persen. Total korban yang telah terhitung mencapai angka 9932 dengan jumlah korban meninggal sebanyak 4876 kematian.


Laporan ini disampaikan WHO, Jumat (24 Oktober) lalu, dalam sebuah pertemuan bersama 18 pakar kesehatan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, di markas besar WHO, di Jenewa, Swiss.


Kepada Okezone, melalui pesan tertulis, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP (K), MARS, DTM&H, DTCE, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Kementerian Kesehatan, menyampaikan.


Setelah mendeklarasikan Nigeria dan Senegal sebagai negara bebas Ebola, WHO juga mengilas balik sejumlah kasus Ebola yang terjadi di dalam dan di luar wilayah pandemi, di Afrika Barat.



Di Afrika Barat, angka kematian tertinggi masih terjadi di Guinea dan Liberia, dengan masing-masing persentase 58,70 persen dan 57,98 persen. Di Guinea sendiri terdapat 1540 kasus dengan 904 jumlah kematian. Sementara di Liberia lebih tinggi, 2705 kematian dari 4665 kasus.


Menyusul kemudian, Sierra Leone dengan 3706 kasus dengan 1259 kematian. Sementara, di Nigeria terdapat 20 kasus dengan 8 kematian. Walaupun persentase angka kematian mencapai 40 persen, namun dalam 42 hari terakhir (2 kali masa inkubasi virus Ebola) tidak ada kasus baru yang ditemukan.



Di Senegal sejauh ini hanya satu kasus yang dikonfirmasi dengan nol korban meninggal. Republik Demokratik Kongo di Afrika Tengah memiliki total kasus sebanyak 66 dengan jumlah kematian 49, yang berarti angka kematian mencapai 74,24 persen, sesuai data WHO 20 Oktober 2014.


Di Amerika, telah terkonfirmasi tiga kasus dengan satu angka kematian, menurut data WHO 14 Oktober 2014. Seminggu sebelum itu, satu kasus di Spanyol pernah terdeteksi, namun tidak membuat suspek meninggal.


Pada rapat yang diikuti Prof. Tjandra, Jumat, pekan lalu, pertemuan tersebut juga membicarakan kasus baru Ebola di New York dan Mali‎, yang membuat pejabat WHO makin meningkatkan kesibukannya.


0 Response to "Angka Kematian Akibat Ebola Masih 49,09 Persen"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef