Varises Miss V Sebabkan Hubungan Intim Tak Nyaman

Berita Kesehatan


detail berita
Masa kehamilan (Foto: Sheknows)


PENYEBAB varises Miss V pada ibu hamil sebenarnya berasal dari varises dalam panggul. Hal inilah yang diungkapkan dr Andi Oktama, Sp.OG dari RS PKU Muhammadiyah Solo.

"Ada dua indung telur di dalam panggul, namanya ovarium," katanya di Solo, Jawa Tengah, Senin (23/6/2014).


Menurut dr Andi, masing-masing indung telur memiliki pembuluh darah yang sangat panjang, disebut vena ovarium. Masing-masing di sebelah kanan dan kiri di dalam panggul. Vena ovarium harus mengambil darah dari ovarium kembali ke vena besar, sehingga dapat dipompa kembali ke jantung. Jika katup dalam pembuluh darah berhenti bekerja, maka pembuluh di sekitar ovarium menjadi sangat besar. Kondisi ini disebut varikokel ovarium atau sindroma kongesti pelvis.


Lebih lanjut, varises Miss V memiliki dua gejala yang terbagi menjadi dua kelompok. Pertama, gejala dari varises vulva atau Miss V yang dapat membuat seseorang tidak nyaman, saat berhubungan intim sekalipun. (Baca: Varises Miss V, Ibu Hamil Tetap bisa Bersalin Normal)


"Jika sangat besar bisa menyebabkan sulit untuk buang air kecil dan dapat menghambat hubungan seksual," ungkapnya.


Sementara, untuk gejala dari vena dan varises panggul bisa terlihat dari salah satu struktur panggul yang terasa terdorong. Meski begitu, kondisi ini tergantung pada seberapa besar venanya dapat menyebabkan sensasi nyeri di panggul. (Baca: Ragam Gerakan Yoga Tingkatkan Kesuburan Wanita)

(fik)



0 Response to "Varises Miss V Sebabkan Hubungan Intim Tak Nyaman"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef