Puasa Sebabkan Orang Terkena Diabetes?

Berita Kesehatan


detail berita
Ilustrasi buka puasa (Foto: Healthmeup)


SAAT berbuka puasa, tidak sedikit mereka yang “balas dendam” mengonsumsi makanan. Padahal, diabetes menjadi salah satu ancaman yang cukup serius.

Mengenai hal itu, Prof Dr dr Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, guru besar Endokrinologi FKUI/ RSCM pun sependapat. Menurutnya, seseorang bisa berisiko diabetes karena faktor pola mengonsumsi makanan manis yang tidak terkontrol.


"Orang yang sudah terkategori pradiabetes itu paling mungkin kena (diabetes). Dalam satu tahun, 25 persen orang prediabetes bisa pindah ke diabetes. Dan, menjalani puasa (Ramadan) juga termasuk memengaruhi orang yang sudah prediabetes menjadi diabetes," katanya usai konferensi pers peluncuran aplikasi “Ramadan, Diabetes and Me” di Hotel JS Luwansa, Ballroom 2, HR. Rasuna Said, Jakarta, Senin (23/6/2014).


Namun, dari sisi kesehatan, puasa Ramadan tetap memiliki manfaat yang positif. Salah satunya adalah membuat gaya hidup seseorang kian tambah sehat. (Baca: Sederet Risiko Puasa Ramadan bagi Diabetesi)


"Saat kita menjalani puasa, sejenak berhenti makan dan minun, menjaga kesehatan, dan mencoba merefleksikan diri untuk lebih dekat dengan tubuh. Semua itu bisa membuat berat badan turun, menurunkan kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan membuat sehat tubuh secara keseluruhan," pungkasnya (fik)



0 Response to "Puasa Sebabkan Orang Terkena Diabetes?"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef