Sepatu Hak Tinggi Picu Varises Miss V

Berita Kesehatan


detail berita
Sehat selama hamil (Foto: Jew90)


SAAT hamil, biasanya wanita lebih malas beraktivitas. Padahal, kurangnya aktivitas selama hamil bisa memengaruhi aliran darah kembali ke jantung yang menyebabkan timbulnya varises Miss V.

"Karena itu, untuk mencegah varises Miss V, ibu hamil tidak boleh mengikuti rasa malas," kata spesialis penyakit kandungan dan kebidanan RS PKU Muhammadiyah Solo, dr Andi Oktama, Sp.OG, di Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.


Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa varises Miss V bisa dicegah. Salah satunya dengan rajin mengangkat kaki kala berbaring tidur dan menopangnya dengan bantal. Dengan cara tersebut, sedikit banyak bisa membantu memerlancar aliran darah.


"Usahakan jangan berbaring hanya dalam satu posisi untuk menghindari tekanan pada pembuluh darah di satu tempat," ujarnya. (Baca: Bumil, Hindari Varises Miss V Pecah saat Persalinan)


Menurut dr Andi, pencegahan juga bisa dengan senam hamil secara rutin. Senam bisa memerbaiki kekuatan otot secara menyeluruh, termasuk otot polos pembuluh darah. Di samping itu, senam hamil secara rutin memerbaiki sirkulasi darah sehingga darah tidak menumpuk pada satu tempat pembuluh darah yang bisa menimbulkan varises.


Pencegahan varises Miss V juga dengan menghindari penggunaan sepatu hak tinggi. Sebaiknya gunakan sepatu dengan hak maksimal 2cm agar aliran darah tak terhambat. (fik)



0 Response to "Sepatu Hak Tinggi Picu Varises Miss V"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef