Gejala Cacar Ular, Tak Terlihat tapi Terasa

Berita Kesehatan


detail berita
Sosialisasi cacar ular (Foto: Helmi/Okezone)


CACAR ular atau herpes zoster biasanya terjadi pada usia lanjut. Namun kini, usia yang lebih muda sekira 40 tahunan pun bisa terkena.

dr Hanny Nilasari SpKK (K) dari Kelompok Studi Herpes Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski), mengatakan bahwa gejala awal dari herpes zoster atau cacar ular seringkali tidak terlihat. Namun, gejala tersebut bisa dirasakan, seperti timbul rasa gatal, kesemutan, dan sensasi terbakar pada kulit. Selanjutnya, beberapa hari kemudian mulai muncul ruam merah yang berbentuk gelembung berisi cairan atau bintil-bintil.


“Biasanya butuh waktu selama 30 hari sampai seluruh bintil-bintil menghilang dengan sendirinya. Selain itu, ruam hampir selalu terjadi pada salah satu sisi tubuh ataupun wajah,” ucapnya pada seminar media bertema “Herpes Zoster: 1 dari 3 Orang Berisiko, Saat ini Dapat Dicegah” di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24 Juni 2014).


Lebih lanjut, ruam yang muncul juga seringkali disertai dengan rasa nyeri, mulai dari yang sifatnya ringan sampai terasa berat. Bahkan, rasa nyeri dari kasus herpes zoster yang sudah parah, dapat menimbulkan dampak serius.


“Dalam sebuah laporan, beberapa pasien menggambarkan betapa menyakitkannya nyeri yang ditimbulkan akibat herpes zoster. Sebanyak 45 persen pasien dengan gejala herpes zoster mengungkapkan bahwa mereka mengalami rasa nyeri tersebut setiap hari,” jelasnya.


Sementara itu, risiko terkena herpes zoster meningkat setelah seseorang memasuki usia 50 tahun. Bahkan, data epidemiologi herpes zoster di 13 rumah sakit pendidikan di Indonesia dalam kurun 2011-2013 menunjukkan terdapat 2.232 kasus, dengan puncaknya di usia 45 sampai 64 tahun sebanyak 806 kasus (37,95 %). (Baca: Masuk Usia Lanjut, Waspada Cacar Ular)


Selain itu, tingkat keparahan herpes zoster juga semakin tinggi ketika seseorang memasuki usia 50 tahun. Hal ini karena ketika seseorang memasuki usia lanjut ruam yang timbul akan semakin luas. Meningkatkanya keparahan herpes zoster juga disebabkan oleh serangan awalnya yang semakin sering dan rasa nyeri yang timbul semakin lama. (fik)



0 Response to "Gejala Cacar Ular, Tak Terlihat tapi Terasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef