Nih, Alasan Gunakan Stem Cell dari Lemak

Berita Kesehatan


detail berita
Stem cell (Foto: Google)


DI era kedokteran modern mulai diperkenalkan terapi sel punca atau stem cell. Stem cell adalah sel yang memiliki kemampuan memperbanyak diri sendiri dengan menghasilkan sel-sel berkarakteristik serupa dengan sel induknya.

Namun, terdapat beberapa sumber stem cell yang penggunaannya sedang berkembang, salah satunya yang digunakan di Ultimo Aesthetic & Dental Center, yaitu stem cell dari lemak. Lantas, mengapa harus dipilih stem cell dari lemak?


Menurut spesialis ortophedi RS Sumber Waras Grogol dan RS Hermina Podomoro, dr. Aldico Supardan, Sp.OT, lemak memiliki banyak kandungan stem cell. Dia mengatakan bahwa dalam satu cc, stem cell bisa mencapai jutaan sehingga kemungkinan berhasilnya lebih tinggi dan pengambilannya lebih mudah dibandingkan dengan bomero atau lainnya.


"Selain itu, kalau stem cell dari lemak itu bisa berdiferensiasi menjadi kondrosit, sehingga kelainan-kelainan pada daerah tulang lutut itu bisa digantikan," jelasnya pada seminar bertajuk “Stem Cell as a choice of treatment for Knee Osteoarthritis” di Ultimo Clinic Plaza Asia, Jakarta Selatan, Rabu, 12 Maret 2014.


Lantas, apakah dengan stem cell bisa menyembuhkan masalah osteoarthritis? Menurut dr. Aldico, kalau dengan stem cell harapan sembuhnya bisa mencapai 100 persen, karena stem cell bisa meregenerasi jaringan yang sudah rusak tersebut.


"Jadi, kerusakan yang sudah terjadi kalau dengan tubuh sendiri itu tidak bisa meregenerasi, fungsi stem cell ini harapannya bisa meregenerasi jaringan yang sudah rusak atau mati tersebut, sehingga yang tadinya hanya 80 persen bisa menjadi 100 persen," terangnya.

(tty)



0 Response to "Nih, Alasan Gunakan Stem Cell dari Lemak"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef