Kenali Penyebab Sesungguhnya Tuberkulosis di Indonesia

Berita Kesehatan


detail berita
Ilustrasi tuberkulosis (Foto: Google)


TUBERKULOSIS merupakan penyakit yang membutuhkan waktu yang panjang saat disembuhkan, sehingga semua orang patut menghindari penyakit. Saatnya kenali penyebabnya.

Apalagi penyakit ini bisa menular ke organ lain seperti, paru-paru, otak, tulang, ginjal, dan bisa mengancam nyawa seseorang. Meski begitu, masih ada saja orang yang terkena tuberkulosis sampai saat ini.


Melihat kondisi itu, sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit tuberkulosis ini bisa muncul?


"Tuberkulosis itu disebabkan kuman basil tuberkulosis yang masuk melalui udara. Biasanya, kuman mengenai organ paru-paru dan juga bisa mengenai organ-organ di dalam tubuh lain, seperti sawar otak, tulang, ginjal, bahkan tuba wanita," kata Dr. M Arifin Nawas, Sp.P(K), MARS, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dalam acara bertema “SOHO #BetterU: Hari Tuberkolosis Sedunia” di Ruang Florence, Hotel Akmani, Jakarta, Rabu (19/3/2014).


Lebih konkretnya lagi, dia menerangkan kebiasaan tak sehat seperti merokok dan terbiasa menghirup polusi bisa menyebabkan seseorang mengalami tuberkulosis. Apalagi kalau daya tahan tubuh seseorang menurun, kuman tuberkulosis mudah masuk dan berkembang di dalam tubuh.


"Ya, rokok itu juga bisa mempercepat seseorang menderita tuberkulosis. Polusi udara jaga bisa. Dan asap yang ada di beberapa daerah, itu bahaya karena bisa menurunkan daya tahan tubuh menurun, dan memudahkan kuman TB masuk dalam tubuh," terangnya. (tty)



0 Response to "Kenali Penyebab Sesungguhnya Tuberkulosis di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef