Jaga Jantung Anda jika Ogah Mati 15 Tahun Lebih Cepat

Berita Kesehatan


detail berita
Olahraga baik untuk kesehatan (Foto: Google)


PENYAKIT jantung adalah penyebab teratas kematian di Indonesia, bahkan kini tak hanya diidap oleh orangtua, tetapi juga anak muda. Tetapi kabar baiknya adalah ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga jantung tetap sehat. Apakah itu?

Berolahraga adalah cara yang baik untuk memulainya, kata Dr Judith Mackall, seorang ahli jantung di University Hospitals Case Medical Center, Cleveland.


Berolahraga selama 30 menit sehari bisa memberikan manfaat besar bagi jantung Anda, kata Mackall, sebagaimana dilansir Healthmonitor. Jika Anda tak bisa melakukan berolahraga selama 30 menit dalam satu kesempatan, bagilah waktu olahraga Anda jadi tiga sesi per hari dengan waktu 10 menit tiap sesi. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga bisa memerbaiki jumlah kolesterol, mengurangi berat badan, dan tekanan darah dalam waktu 10 pekan.


Sementara soal makanan, Mackall menerangkan bahwa patokan makanan untuk menjaga kesehatan jantung ialah mengonsumsi makanan yang sehat. Seseorang harus mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Hal itu akan mengurangi risiko penyakit jantung dengan membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi peradangan.


Jika Anda seorang perokok, saatnya untuk berhenti, kata Mackall.


"Jika merokok, Anda akan memotong tujuh tahun umur Anda," katanya. "Dan jika memiliki penyakit jantung dan merokok, Anda akan mati 15 tahun lebih cepat dari yang Anda mau." (tty)



0 Response to "Jaga Jantung Anda jika Ogah Mati 15 Tahun Lebih Cepat"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef