Jangan Anggap Sampah Tak Bernilai

Berita Kesehatan


detail berita
Ilustrasi tumpukan sampah (Foto: Dailymail)


KEBERADAAN sampah banyak dianggap orang sebagai benda tak bernilai. Padahal, dari sampah-sampah seperti kemasan minuman dari karton bisa berdaya guna melalui proses daur ulang.

Melihat potensi tersebut, Tetra Pak yang berkomitmen untuk peduli dengan lingkungan pun mengajak masyarakat memberdayakan kemasan bekas untuk didaur ulang jadi produk yang lebih berguna.


“Kami membangun kepedulian lingkungan dari kemasan sejak 2005. Kami lakukan hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab Tetra Pak terhadap lingkungan dan kemasan kami yang beredar di masyarakat. Sehingga kami ingin memberikan solusi atas kemasan karton ini dengan membuat daur ulagn dan bermitra dengan pabrik kertas. Kemasan kami ¾ terbuat dari karton, ada pula yang dari kertas, dan sisanya dari polyethylene (semacam plastic) dan lima persennya dari lapisan alumunium dimana semuanya bisa didaur ulang,”ujar Mignonne N.B Maramis Akiyama selaku Communications Director kepada Okezone di kantor Tetra Pak, Buncit, Jakarta Selatan, Selasa (11/3/2014).


Dengan adanya kampanye lingkungan yang digaungkannya, diharapkan masyarakat dapat meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan.Dari proses daur ulang dengan mitranya, dihasilkannya barang-barang berdaya guna yang dimanfaatkan dari kemasan yang telah didaur ulang.


“Kami bekerja sama dengan tiga pabrik kertas ada di Jabar, Jatim, dan Jakarta dimana ketiganya menggunakan kemasan dari kita sebagai bahan bakunya yang telah didaur ulang,”tambahnya.


Selain bermitra dengan pabrik kertas, Tetra Pak juga menggandeng dengan jaringan pengumpulan kemasan dimana hal ini sangat bergantung dengan mitra-mitra untuk memperluas pengumpulan kemasan.


“Awalnya ketika kami bangun masyarakat tak tahu kemasan ini ada nilainya. Istilahnya dibuang. Akhirnya kita yakinkan, kelompok pemulung dan lainnya bahwa ini ada nilainya sehingga jangan dibuang. Jadi kita baiknya jangan pakai lagi istilah buang karena konotasinya tak ada harganya. Tapi tentunya ini perlu upaya besar dan kita tak hanya bermitra dengan pabrik kertas tapi juga mitra lainnya, ada LSM juga dan komunitas lingkungan dalam program yang kita jalankan. Tak hanya itu, kita juga menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah dan melakukan program edukasi di sekolah-sekolah dan memberitahukan bahwa kemasan ini jangan dibuang karena kita bisa daur ulang,”tutupnya. (tty)



0 Response to "Jangan Anggap Sampah Tak Bernilai"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef