Alat Ini Berikan Data Akurat Penyakit Darah Tinggi Bumil?

Berita Kesehatan


detail berita
Ilustrasi pemeriksaan ibu hamil (Foto: Google)


PROYEK Mobile Obstetrical Monitoring (MoM) menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik bagi ibu dengan kehamilan berisiko tinggi di daerah terpencil. Seperti kita tahu, daerah terpencil sebagian besar tidak memiliki akses ke dokter kandungan, sehingga membantu mengidentifikasi sejak dini kehamilan berisiko tinggi yang pada akhirnya membantu menekan angka kematian ibu (AKI).

Namun, Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG mengatakan bahwa pada program pilot project selama di Sumatera Barat ini mereka belum bisa melihat angka kematian ibu secara ril.


Hal ini dikarenakan untuk melihat angka kematian baru bisa dilihat setelah ada 100.000 kelahiran hidup. Sedangkan selama ini mereka hanya collect 1.000 data, sehingga pastinya data tidak mencukupi. Oleh karena itu, menurut Dr. Ivan, mereka memang update seberapa besar identifikasi terhadap risiko tinggi kehamilan.


“Data-data yang kita harapkan nanti adalah seberapa besar nanti angka penyakit, seperti darah tinggi dalam kehamilan, seberapa besar angka pendarahan dalam kehamilan, atau misalnya seberapa besar besar berat badan bayi yang lahir, itu akan ter-record di sini,” tuturnya pada “Peluncuran Program Mobile Obstetrical Monitoring Solution (MoM)” di The Ritz Carlton Jakarta, Selasa (11/3/2013).


Tetapi untuk menghitung angka kematian ibu, Dr. Ivan mengatakan bahwa mereka membutuhkan set-set data yang sangat luas. Itulah mengapa antusiasme dari pemerintah, menurut Dr. Ivan, sangat diperlukan untuk menjangkau lebih luas lagi.


“Seperti tadi dikatakan Dinkes Sumatera Barat tadi bahwa mereka sangat antusias agar kita dapat meng-cover lebih luas lagi, karena kalau cuma 1.000 itu terlalu kecil. Jadi, kita memerlukan banyak stake holder yang terlibat di sini,” tandasnya. (tty)



0 Response to "Alat Ini Berikan Data Akurat Penyakit Darah Tinggi Bumil?"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef