Mudahnya Deteksi Kehamilan Berisiko Daerah Terpencil

Berita Kesehatan


detail berita
Ilustrasi Ibu hamil (Foto: Google)


TIDAK bisa dipungkiri bahwa teknologi saat ini memberikan dampak yang begitu besar bagi berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang kesehatan. Kini, terdapat aplikasi yang disebut Mobile Obstetrical Monitoring (MoM) yang membantu akses layanan kesehatan yang lebih baik, serta dapat menjangkau daerah terpencil.

Aplikasi ini dapat mengumpulkan data dan pemantauan data kebidanan secara menyeluruh guna mengidentifikasi sejak dini kehamilan berisiko tinggi. Proyek ini menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik bagi ibu dengan kehamilan risiko tinggi di daerah pedesaan yang tidak memiliki akses ke dokter ahli kebidanan. Namun bila kita berbicara soal teknologi mobile, adakah kendala selama project pilot ini berjalan, serta bagaimana cara mengatasinya?


Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG mengatakan bahwa teknologi telemedicine itu sudah sangat berkembang di dunia. Bahkan menurutnya, pemerintah Australia mengeluarkan jutaan dolar untuk infra struktur pendukung fasilitas kesehatan.


“Karena memang harus diakui salah satu kendala yang kita alami dengan menggunakan sistem mobile di sini adalah koneksi, jadi terkadang sinyalnya mati,” ungkapnya pada “Peluncuran Program Mobile Obstetrical Monitoring Solution (MoM)” di The Ritz Carlton Jakarta, Selasa (11/3/2013).


Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan koneksi dalam menggunakan aplikasi ini? Dr. Ivan mengatakan bahwa mereka mencoba mengoreksi permasalahan tersebut dengan tidak hanya menggunakan koneksi 3G.


“Jadi, kalau koneksi 3G tidak ada, kita save terlebih dahulu, kemudian dikirim melalui SMS atau dikirimkan ketika bidan tersebut mempunyai koneksi Wi-fi setelah kembali ke rumah atau puskesmas,” jelasnya.


Tetapi, Dr. Ivan mengatakan bahwa minimal dengan SMS yang sudah terkirim, data sudah bisa sinkron dengan apa yang ada di server. Menurutnya, memang ada beberapa modifikasi-modifikasi yang dilakukan, tetapi dirasa hal tersebut sudah cukup dapat mengatasi permasalahan selama ini. (tty)



0 Response to "Mudahnya Deteksi Kehamilan Berisiko Daerah Terpencil"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef