Ini Masalah Kesehatan yang Menyertai Anak Epilepsi

Berita Kesehatan


detail berita
Ilustrasi masalah perkembangan otak (Foto: Google)


MESKIPUN anak dengan epilepsi dapat hidup normal, tetapi pada kenyataannya berbagai masalah berisiko menyertai mereka. Salah satunya, penyakit penyerta (komorbiditas).

Menurut Neurologi anak RSCM, Dr.dr.R.A Setyo Handryastuti, Sp.A (K), komorbiditas dapat berupa perkembangan anak yang terlambat, retardasi mental maupun gangguan sikap, dan perilaku. Namun, Dr. Handry mengatakan bila komorbiditas epilepsi pada anak dapat disebabkan oleh penyebab epilepsi itu sendiri.


"Jadi, bisa berupa kerusakan atau gangguan perkembangan otak, dapat disebabkan oleh jenis epilepsi itu sendiri atau pengobatannya," jelas Dr. Handry pada seminar media bertajuk "Pahami Penyakit Penyerta (Komorbiditas pada Epilepsi Anak!" di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta, Rabu (19/3/2014).


Lebih lanjut, Dr. Handry menjelaskan bahwa komorbiditas yang terkait dengan etiologi adalah disabilitas intelektual dan perkembangan terlambat. Sedangkan, menurut Dr. Handry, ada juga komorbiditas yang berkaitan dengan terapi pengobatannya.


"Misalnya, gangguan perilaku seperti hiperaktif, tantrum, ketidakstabilan emosi, gangguan fungsi hati, serta ketidakseimbangan elektrolit," tuturnya. (tty)



0 Response to "Ini Masalah Kesehatan yang Menyertai Anak Epilepsi"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef