Dampak Buruk Kafein bagi Kesehatan

Berita Kesehatan


detail berita
Minum kopi (Foto: Google)


HAMPIR sebagian besar orang Indonesia gemar meminum kopi. Namun, sayangnya kopi dapat menjadi minuman yang tidak menyehatkan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Berikut ini adalah dampak buruk dari kafein terhadap kesehatan, sebagaimana dilansir Magforwomen.


Reaksi alergi


Sistem kekebalan tubuh dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu untuk menangani jumlah konsumsi kafein yang tidak berlebihan. Tetapi, beberapa orang bisa menjadi alergi dan hipersensitif terhadap kafein. Pasien dengan tekanan darah tinggi, sistem pencernaan tidak teratur, sakit maag dan pasien jantung cenderung lebih sensitif terhadap kafein dibandingkan oang normal.


Berhubungan dengan risiko kehamilan


Wanita yang sedang hamil harus menghindari kafein, karena tidak hanya berbahaya baginya tetapi juga janin. Hal ini karena kafein memperburuk komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan, misalnya berat badan bayi rendah atau metabolisme belum matang. Selain itu, kafein meresap ke dalam sistem janin dan meningkatkan kadar racun, sehingga risiko mengalami keguguran meningkat secara signifikan.


Efek samping


Minum kopi yang mengandung kafein lebih dari empat cangkir sehari dapat menyebabkan efek samping berbahaya. Selain depresi, detak jantung meningkat, otot kejang, kulit memerah, ternyata juga menyebabkan insomnia akut berkepanjangan. Selain itu, kafein juga menyebabkan masalah pencernaan, misalnya sering buang air besar yang dapat menyebabkan penyakit lebih serius, baik psikologis maupun fisiologis.


Kecanduan


Efek terburuk dari kafein adalah menyebabkan kecanduan. Penelitian telah menunjukkan bahwa gejala dan efek samping kafein mirip kecanduan narkoba, yaitu ketidakmampuan untuk menghindari atau mengurangi minum-minuman mengandung kafein. (ind)



0 Response to "Dampak Buruk Kafein bagi Kesehatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef