Pentingnya Promosi Kesehatan di Sekolah

Berita Kesehatan


detail berita
Makan sehat di sekolah (Foto: Google)


SEKOLAH merupakan sarana penting yang membutuhkan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan. Pasalnya, anak usia sekolah merupakan kelompok yang sangat peka untuk menerima perubahan termasuk pendidikan kesehatan.

Mengingat pentingnya hal tersebut, pihak kepala sekolah dan guru pun diharapkan bisa mengajarkan pendidikan kesehatan pada muridnya secara maksimal, termasuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan untuk menjaga kesehatan.


Hal itu seperti dipaparkan Marlina Ginting selaku Kepala Sub Bidang Kemitraan Pusat Promosi Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di Restaurant Penang Bistro, Kebon Sirih, Kamis, 23 Januari 2014.


Marlina mengatakan bahwa tujuan diadakannya promosi kesehatan di sekolah yakni untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah, pencegahan dan pemberantasan penyakit menular di kalangan masyarakat sekolah serta memperbaiki dan memulihkan kesehatan masyarakat sekolah melalui mengikutsertakan secara aktif guru, murid dan OTM dalam pendidikan kesehatan dan mengawasi kesehatan murid. Selain itu juga melalui imunisasi, usaha pengobatan dan pencegahannya, usaha perbaikan gizi anak dan usaha lingkungan sekolah yang sehat.


"Komite sekolah perlu mendukung dalam hal pendanaan untuk sarana dan prasarana pembinaan PHBS di sekolah serta mengevaluasi kinerja kepsek dan guru-guru yang berkaitan dengan pencapaian sekolah sehat,"katanya.


Contoh sederhana yang perlu dilakukan ada berbagai hal. Salah satu yang sederhana yakni menyediakan alat pengukur berat dan tinggi badan.


Pesan lain yang bisa disampaikan ialah mengenai pentingnya cuci tangan. Hal itu bisa disampaikan tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah BAB/K, memegang uang dan sebagainya, membersihkan seluruh tangan termasuk sela-sela jari dan di bawah kuku, dan hemat menggunakan air. Dalam hal ini, alat bantu yang digunakan bisa menggunakan gambar dengan tulisan 5 langkah CTPS yang benar.


Pesan lain yang tak kalah penting yakni menyampaikan pentingnya makan makanan sehat. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin. Alat bantu yang mendukung bisa menggunakan model/gambar sepiring nasi, jagung, beberapa potong ubi, sepiring mie, sepotong daging sapi, telur, daging ayam, sepotong tempe, tahu, pisang, pepaya, mangga, jambu, apel, sayur, tomat, wortel, kangkung dan bayam. (ind)



0 Response to "Pentingnya Promosi Kesehatan di Sekolah"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef