Olahraga Tingkatkan Harapan Hidup Pasien Kanker

Berita Kesehatan


detail berita
Aktivitas fisik (Foto: Dailymail)


BEROLAHRAGA sangat baik dalam menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, aktivitas fisik ini juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi pasien kanker. Apa pasal?

Para ilmuwan telah menemukan bahwa olahraga secara signifikan meningkatkan harapan hidup pasien kanker. Studi menemukan bahwa pria yang membakar lebih dari 12.600 kalori sepekan dengan berolahraga dapat menurunkan hampir setengah risiko kematian.


Lebih lanjut, para ilmuwan dari Loyola University Chicago Stritch School of Medicine meneliti 1.021 pria dengan usia rata-rata 71 tahun terdiagnosis kanker. Mereka menemukan bahwa pria yang membakar lebih dari 12.600 kalori tiap pekan dengan berolahraga, 48 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal dunia dibandingkan mereka yang membakar 2.100 kalori sepekan.


Kemudian, rekan penulis studi, Dr. Kathlee Wolin menjelaskan bahwa banyak pasien kanker hidup lebih lama karena diagnosis dini dan memperoleh pengobatan yang lebih baik. Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa aktivitas fisik harus terus didorong pada pasien kanker.


“Aktivitas fisik harus secara aktif didorong kepada pasien kanker karena akan meningkatkan kemungkinan usia mereka,” ujarnya dalam Journal of Physical Activity & Health, dikutip Dailymail.


Sementara, meskipun telah banyak penelitian yang menunjukkan bila olahraga teratur dapat meningkatkan harapan hidup seseorang, penelitian ini menunjukkan jika olahraga memperpanjang hidup pasien kanker. (tty)



0 Response to "Olahraga Tingkatkan Harapan Hidup Pasien Kanker"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef