Cukup Tidur, Performa pun Lebih Maksimal

Berita Kesehatan


detail berita
Pentingnya tidur berkualitas (Foto: Google)


PUNYA "hari besar" yang sudah menanti di depan Anda? Bila iya, lebih baik Anda berpikir untuk tidur dengan baik demi kelancaran acara tersebut.

Ya, para peneliti menemukan bahwa peserta yang memiliki tidur yang normal secara konsisten memiliki 20 sampai 25 persen tidur REM ( kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata)


Adapun pada penelitian, bila seseorang memiliki hasil tidur REM kurang dari 20 persen, maka hasilnya orang tersebut memiliki performa yang buruk dalam tes kognisi. Sementara itu, lebih dari 25 persen berhasil mencetak hasil yang baik pada tes tersebut, demikian seperti dilansir Foxnews.


Dalam penelitian itu, peneliti menipu sebuah tes mata pelajaran kepada peserta untuk mempercayai bahwa sensor yang melekat pada tubuh mereka bisa melacak kualitas tidur mereka.


Setelah tidur malam, kelompok peserta penelitian diberitahu bahwa ia menghabiskan 16, 2 persen tidur REM saat tidur malam. Sementara, sebagian yang lain diberi tahu menghabiskan 28,7 persen tidur REM saat tidur malam. Hal itu sendiri sengaja dibuat oleh peneliti.


Selanjutnya, peserta penelitian diinstruksikan mengerjakan tes yang melibatkan penambahan angka. Kemudian ditemukan data bahwa peserta yang sudah diberitahu, mereka memiliki tidur buruk dan melalui tes dengan hasil lebih buruk.


Kemudian, peserta penelitan yang mendengar mereka tidur dengan baik, mereka berhasil melakukannya yang lebih baik. Dengan kata lain, peserta penelitian mengalami efek "placebo tidur". Para peneliti sendiri berpendapat bahwa sebuah placebo tak hanya terbatas pada pil. (ind)



0 Response to "Cukup Tidur, Performa pun Lebih Maksimal"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef