Pakai Obat Kumur 'Bencana' bagi Kesehatan?

Berita Kesehatan


detail berita
Pakai obat kumur (Foto: Dailymail)


SETELAH makan, sebagian besar orang biasanya menggunakan obat kumur untuk membersihkan atau menghilangkan bau mulut. Tetapi, tahukah Anda bila obat kumur dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit mematikan?

Para ilmuwan mengatakan bahwa menggunakan obat kumur adalah ‘bencana’ bagi kesehatan. Hal ini karena menurut peneliti obat kumur dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.


Lebih lanjut, para ilmuwan menjelaskan bila berkumur dengan obat kumur membunuh bakteri baik yang membantu pembuluh darah rileks. Menurut para ilmuwan, hal ini meningkatkan tekanan darah sehingga berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.


Selanjutnya, pemimpin penelitian, profesor Amrita Ahluwalia mengatakan bahwa relawan yang menggunakan obat kumur mengandung antiseptik kuat tekanan darahnya akan naik dalam beberapa jam. Oleh sebab itu, ia tidak menganjurkan penggunaan obat kumur antiseptik.


“Membunuh kuman di mulut setiap hari adalah bencana, ketika tekanan darah naik maka akan berdampak signifikan terhadap morbiditas dan mortalitas akibat penyakit jantung dan stroke,”ujar Profesor Ahluwalia, dikutip Dailymail.


Selain itu, para ilmuwan juga mengatakan di the Journal Free Radical Biology And Medicine bila efek dari menggunakan obat kumur antiseptik muncul dalam satu hari. Sementara, penelitian terpisah mengatakan bahwa untuk setiap kenaikan dua poin tekanan darah, maka risiko kematian akibat penyakit jantung meningkat tujuh persen. Sedangkan, kenaikan dua poin tekanan darah tersebut juga meningkatkan hingga 10 persen kematian akibat stroke.


“Kami tidak bermaksud untuk membuat orang-orang berhenti menggunakan obat kumur antiseptik jika gusi atau gigi mereka sedang infeksi, tetapi kita akan bertanya mengapa orang lain juga menginginkannya,”tandasnya. (ind)



0 Response to "Pakai Obat Kumur 'Bencana' bagi Kesehatan?"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef