Hindari Alkohol, Bumil Potensi Lahirkan Anak Cerdas

Berita Kesehatan


detail berita
Bumil perlu hindari alkohol (Foto:Google)


KONSUMSI minuman beralkohol bisa tidak baik untuk kesehatan Anda, terutama bagi ibu hamil. Tidak hanya bagi kesehatan ibu, minuman beralkohol saat hamil juga dapat memengaruhi kecerdasan otak dan perilaku anak yang dikandung ketika tumbuh.

Studi menunjukkan bahwa hanya satu malam selama kehamilan dapat memiliki efek jangka panjang pada perilaku anak. Peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang terpapar satu atau dua alkohol ketika di dalam rahim lebih cenderung memiliki konsentrasi rendah dan berperilaku buruk pada usia tujuh tahun.


Penelitian di Denmark ini meneliti lebih dari 30 ribu bayi yang lahir dari ibu peminum alkohol selama hamil. Minum alkohol berlebihan didefinisikan sebagai meminum 7,5 unit alkohol atau minuman anggur besar berisi 3 unit dalam satu waktu.


Lebih lanjut, ketika anak-anak berusia tujuh tahun, para ibu mengisi kuisioner tentang perilaku mereka. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh jangka panjang dari minum-minuman beralkohol saat kehamilan.


Selanjutnya, para peneliti menjelaskan bahwa dampaknya jauh lebih besar pada anak-anak yang ibunya minum pada akhir masa kehamilan. Tetapi, perbedaan dari dampak minum-minuman beralkohol pada awal kehamilan hanya sedikit saja.


“Jika Anda mengekspos anak pada satu atau dua minuman alkohol pada awal kehamilan, maka otaknya akan kurang fleksibel. Ketika anak tumbuh dan menghadapi situasi sulit, mungkin akan membuat perbedaan dalam cara anak mengatasinya,”ujar peneliti, Dr. Janni Niclasen dari Copenhagen University, dikutip Dailymail.


Selain itu, Dr. Niclasen juga memeringatkan tentang dampak buruk lain dari minum alkohol selama kehamilan. Ia memeringatkan jika minum-minuman beralkohol di awal kehamilan meningkatkan risiko keguguran, lahir mati dan cacat lahir.


Sementara itu, Dr. Niclasen menambahkan bila wanita tidak perlu khawatir dan panik dengan pola makan mereka saat hamil. Menurutnya, wanita hanya harus berpikir tentang apa yang mereka makan dan minum selama sisa usia kehamilan mereka. (ind)



0 Response to "Hindari Alkohol, Bumil Potensi Lahirkan Anak Cerdas"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef