Batuk Lebih dari Sepekan, Waspada Kanker Paru-Paru

Berita Kesehatan


detail berita
Batuk (Foto: Google)


KANKER paru-paru merupakan jenis kanker yang sulit diobati. Pada kasusnya, umumnya angka kejadian ini disebabkan karena kebiasaan merokok.

Seseorang yang memiliki faktor risiko terkait kanker paru-paru harus mampu mengidentifikasi gejala awal. Sehingga bisa didiagnosis dan diobati sebelum nantinya sulit diobati.


Bila Anda belum mengetahui gejala awal itu. Di bawah ini ada ulasan lengkapnya seperti dilansir Boldsky.


Jangan abaikan batuk


Siapapun bisa menderita batuk setiap saat. Namun, batuk biasanya akan hilang dalam hitungan hari. Akan tetapi, bila batuk berlangsung selama lebih dari seminggu dan muncul rasa kedinginan selama musim dingin, maka itu bisa menjadi gejala dini kanker paru-paru.


Napas seolah hampir habis


Anda mungkin bisa kehabisan napas karena berbagai alasan. Akan tetapi, jika kondisi disebabkan karena dari kebiasaan keseharian, maka hal itu bisa menjadi penyebab keluhan tersebut. Umumnya gejala kanker paru-paru dari kebiasaan ialah akibat merokok. Dan saat seseorang sudah merasakan gangguan kesehatan terus menerus akibat merokok, ia harus segera berkonsultasi dengan dokter.


Sakit pada bagian tertentu tubuh


Ada rasa sakit bagian tertentu dalam tubuh yang gambaran salah satu tanda-tanda awal kanker paru-paru. Hal itu terdiri dari nyeri di dada, bahu, punggung, dan lengan. Hal itu bisa terjadi dikarenakan peningkatan gangguan pernapasan dalam tubuh, sehingga menyebabkan tekanan tambahan pada saraf.


Kesehatan sering memburuk


Jatuh sakit secara teratur bisa menjadi salah satu gejala awal kanker paru-paru akibat dari merokok. Jika Anda merokok secara teratur dan sering mengeluh kelelahan, depresi, tiba-tiba kehilangan berat badan atau nyeri lutut, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter.


Pneumonia / Bronchitis


Di antara tanda-tanda awal kanker paru-paru akibat merokok, hal ini adalah salah satu tanda yang tak biasa. Meskipun diagnosis dari dokter menyatakan baik, bila Anda jatuh sakit berulang kali, maka ada kemungkinan bahwa Anda menderita kanker paru-paru.


Muncul suara "mengi" saat tidur


Hal ini adalah salah satu gejala awal kanker paru-paru yang banyak orang menduga hanyalah gangguan tidur. Akan tetapi, jika kondisi ini tak dapat diobati dan muncul kembali bahkan setelah melakukan diagnosis, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter secepatnya.


Perubahan suara


Hal ini adalah salah satu tanda-tanda awal kanker paru-paru yang memengaruhi kotak suara dari tubuh manusia. Biasanya kondisi itu terjadi setelah kanker paru-paru sudah memulai efeknya dalam saraf tubuh. (ind)



0 Response to "Batuk Lebih dari Sepekan, Waspada Kanker Paru-Paru"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef