Cegah Penularan ke Pasien, Petugas Kesehatan Wajib Vaksinasi Influenza

Berita Kesehatan


detail berita
Vaksinasi (Foto: Google)


PETUGAS kesehatan dapat menjadi sumber penyakit yang akan menularkan ke pasien serta keluarganya. Salah satunya virus influenza.

Menurut ahli dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, Dr.dr.Iris Rengganis, SpPD, KAI, petugas kesehatan dapat tertular influenza dan menularkan kepada pasiennya. Ia mengatakan bahwa hal ini bisa terjadi karena sebagian besar petugas kesehatan tetap bekerja meskipun sedang menderita influenza, sehingga menularkan pada pasiennya.


"Sekira 75 persen petugas kesehatan yang sedang menderita influenza tetap bekerja, sehingga dapat menularkan pada pasiennya. Selain itu juga dapat mempengaruhi perawatan pasien menjadi lebih lama,"ujarnya pada acara Simposium Imunisasi Dewasa untuk Tenaga Kesehatan di ruang kuliah Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, Jakarta, Rabu (29/1/2014).


Lantas, pasien dengan kondisi seperti apa yang berisiko tertular influenza dari petugas kesehatan?


Dr. Iris Rengganis mengatakan bahwa pasien yang berisiko tertular influenza dari petugas kesehatan adalah anak-anak, orang dewasa, dan orang usia lanjut, serta pasien yang kekebalan tubuhnya menurun.


"Petugas kesehatan dapat menularkan influenza kepada pasien, dampaknya bisa berbahaya pada pasien dalam keadaan defisiensi imun,"jelasnya


Oleh karena itu, menurutnya di beberapa negara petugas kesehatan diwajibkan menjalani vaksinasi influenza, misalnya di Amerika Serikat atau negara maju lainnya. Hal ini tentunya agar mencegah dan mengurangi risiko penularan influenza di rumah sakit. (ind)



0 Response to "Cegah Penularan ke Pasien, Petugas Kesehatan Wajib Vaksinasi Influenza"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef