Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Wanita (I)

Berita Kesehatan


SETIAP manusia membutuhkan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan fisiknya. Berapa kadar nutrisi yang dibutuhkan, dapat ditentukan oleh tahap pertumbuhan dan perkembangan fisik manusia.


Wanita, yang dalam beberapa sisi memiliki mekanisme dan kondisi fisik yang berbeda dengan pria, perlu mengetahui apa saja nutrisi yang mereka butuhkan untuk menunjang kesehatan mereka. Berikut adalah nutrisi esensial yang dibutuhkan wanita, seperti dilansir Healthmeup, Jumat (28/11/2014).


Asam folat


Asam folat meningkatkan sintesis DNA dan membantu pembelahan sel. Asam folat merupakan nutrisi penting di masa subur wanita. Asam folat yang cukup juga penting selama kehamilan untuk menjaga janin tetap sehat. Asam folat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, jus buah, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Wanita membutuhkan setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari.


Protein


Untuk tulang kuat, otot, dan kulit yang sehat, protein adalah kebutuhan mutlak. Protein membantu membangun kekebalan, memecah makanan, dan mengelola metabolisme. Daging merah, seafood, unggas, telur, dan kacang-kacangan mengandung protein. Seorang wanita membutuhkan 46 gram protein setiap hari.


Serat


Serat diperlukan untuk pencernaan dan mencegah penyakit jantung karena menurunkan kolesterol dan kadar gula darah. Wanita di bawah usia 50 tahun membutuhkan setidaknya 25 gram serat per hari. Sumber serat yang baik adalah kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan roti gandum.


Kalsium


Fungsi utama kalsium adalah untuk membantu membangun tulang yang kuat. Kalsium sangat penting bagi perempuan, terutama setelah di atas usia 50, karena mereka memiliki risiko lebih besar terkena osteoporosis.


Produk susu, ikan, dan makanan lain yang diperkaya kalsium adalah makanan yang baik. Wanita di bawah usia 50 dan wanita hamil membutuhkan sekiranya 1.000 miligram kalsium setiap hari. Sedangkan wanita lebih dari 50 membutuhkan 1.200 miligram per hari. (Bersambung).


0 Response to "Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Wanita (I)"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef