Menkes Anjurkan Masyarakat Berobat ke Puskesmas

Berita Kesehatan


SELAMA ini banyak masyarakat yang masih ragu untuk pergi berobat ke puskesmas. Padahal fasilitas kesehatan dan tenaga medis di sektor layanan primer ini sudah memadai masyarakat.


Hal ini diakui oleh Menteri Kesehatan Prof Nila Moeloek. Menkes menegaskan bahwa puskesmas siap melayani masyarakat dengan baik tanpa harus dirujuk ke rumah sakit besar bila sakitnya bisa ditangani.



"Kami sebagai tenaga layanan medis pertama penguatannya di layanan kesehatan primer (puskesmas). Kita tidak direct langsung (pasien) dirujuk ke rumah sakit. Pasien yang berobat di puskesmas diharapkan langsung bisa diobati," tutup Prof Nila kepada wartawan di Sasana Kriya, TMII, Jakarta Timur, Kamis (27/11/2014).



Menurutnya, seluruh tenaga medis puskesmas saat ini sudah dibekali pendidikan yang tinggi. Begitu juga sektor layanan ini mampu memberikan bimbingan promotif dan prefentif kepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.


"Masyarakat diharapkan jaga kesehatan. Namun kalau masih sakit kami tenaga medis siap melayani, namun harus sesuai dengan sistem rujukan. Artinya jika sakit berobat ke puskesmas dulu, jangan langsung ke rumah sakit rujukan, tutupnya.


0 Response to "Menkes Anjurkan Masyarakat Berobat ke Puskesmas"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef