Eropa Gagal Tangani HIV/AIDS Sesuai Target MDGs

Berita Kesehatan


PERINGATAN hari HIV/AIDS sedunia jatuh pada 1 Desember 2014 esok. World Health Organisation (WHO) mengungkapkan, ada sekira 136.000 orang terinfeksi HIV di Eropa dan Asia. Angka itu menunjukkan jumlah pengidap makin meningkat dibanding tahun lalu.


Dari 136.000 pasien, 105.000 orang di antaranya berasal dari Eropa Timur dan Asia Tengah. Penyebaran HIV diduga dari banyaknya pecandu narkoba yang menularkan virus itu kepada orang lain di sekitarnya.


Dari data itu, 77 persen warga Eropa Timur sebagai penyumbang kasus penularan HIV di tahun 2013. Para pasien belum terkontaminasi obat untuk menyembuhkan sehingga jumlahnya semakin banyak.


Sementara itu, di Eropa Barat modus utama penularan HIV adalah laki-laki yang suka melakukan seks bebas. Rata-rata pengidap HIV di wilayah itu adalah kaum pria yang suka berhubungan seksual dengan sesama jenis.


Mengomentari kasus ini Direktur Regional WHO Zsuzsanna Jakab mengatakan, Eropa gagal mengangani kasus HIV sesuai target MDGs. Diakuinya, ancaman virus itu sulit dikendalikan. Pasalnya, masyarakat masih sulit diajak untuk berhenti melakukan seks bebas yang menjadi penyebab utama penyebaran virus mematikan ini.


0 Response to "Eropa Gagal Tangani HIV/AIDS Sesuai Target MDGs"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef