Zat Ini Bikin Libido Wanita Turun!

Berita Kesehatan




Zat ini bikin libido wanita menurun (Foto: Dailymail)



Zat Ini Bikin Libido Wanita Turun!

ZAT kimia yang ditemukan dalam makanan olahan, lantai PVC, tirai mandi plastik, dan ornamen modern lainnya dapat menurunkan libido. Wanita dengan tingkat phthalates dalam tubuh yang tinggi dua kali lebih mungkin mengalami masalah tersebut.



Phthalates adalah bahan kimia buatan manusia yang dianggap mengganggu hormon alami yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Partikel dari bahan tersebut dapat mengontaminasi tubuh melalui pernapasan atau mulut.


Studi sebelumnya menghubungkan zat ini dengan diabetes, asma, serta pemicu sifat kewanitaan (inggris: feminising) pada otak bayi laki-laki. Tahun lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan memperingatkan implikasi serius bagi zat tersebut bagi kesehatan.


Penelitian terbaru, yang dipresentasikan pada konferensi American Society for Reproductive Medicine tahunan di Honolulu, menunjukkan bahwa zat tersebut dapat berdampak pada kerusakan fisik maupun psikologis.


Dalam studi pertama, Dr. Emily Barrett, dari University of Rochester School of Medicine di Amerika Serikat, mengukur kadar phthalates dalam urin 360 ibu hamil usia 20 sampai 30-an. Ia juga menanyakan seberapa sering mereka kehilangan minat untuk berhubungan di bulan-bulan menjelang kehamilan mereka.


Mereka yang terpapar phthalates lebih banyak dua setengah kali lebih banyak mengatakan bahwa mereka sering kehilangan minat untuk berhubungan dengan pasangan. "Ini menarik karena zat tersebut adalah bahan kimia yang ada di sekeliling kita dan setiap orang terpapar zat tersebut dengan ukuran yang berbeda-beda," tutur Barrett.


Ia mencurigai bahwa phthalates mengganggu produksi hormon seks estrogen dan testosteron, yang mempengaruhi libido perempuan. Banyak wanita yang tidak tahu penyebab menurunnya libido, oleh karena itu, penemuan tersebut dapat membantu menjelaskan masalah.


Barrett menambahkan bahwa makanan merupakan sumber phthalates yang cukup signifikan, terutama makanan olahan dan produk dalam kemasan. Hal ini diduga masuk ke dalam makanan dari peralatan pengolahan dan kemasan makanan itu sendiri.


Sebagaimana dilansir Dilymail, Kamis (23/10/2014), menghindari makanan cepat saji saat hamil dapat menghindari terpaparnya bahan kimia tersebut pada janin. Saran lainnya termasuk memilih peralatan rumah yang aman, bukan terbuat dari plastik.


"Salah satu rekomendasi yang berpotensi mengurangi paparan tubuh dengan zat tersebut adalah menghindari makan makanan yang diproses dan memilih makanan segar tanpa kemasan, " imbuhnya.


(ren)

0 Response to "Zat Ini Bikin Libido Wanita Turun!"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef