Pria 50 Tahun ke Atas Berisiko Kanker Usus

Berita Kesehatan


KANKER usus besar (kolorektal) adalah kanker yang umum menyerang pria. Menurut penelitian, kanker jenis ini banyak menyerang mereka yang telah berusia di atas 50 tahun.


Sebuah penelitian menemukan bahwa sembilan dari 10 pasien yang mengidap kanker kolorektal ini, berusia 50 tahun ke atas. Beberapa faktor lain yang mengiringi faktor usia tersebut, adalah mutasi genetik, riwayat keluarga (yang ditemukan pada 20 persen penderita), dan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.


“Kanker ini lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Menurut penelitian, kebanyakan penderita punya tubuh gemuk dan 35 persen memiliki kebiasaan makan salah, suka makan daging merah, lemak, kurang sayur, dan karbo berlebih,” tutur Prof. Dr. dr. Arry Harryanto, SpPD KHOM di Hotel Intercontinental, Jakarta, belum lama ini.


Gaya hidup tidak sehat memang merupakan faktor yang mendukung berkembangnya penyakit ini. Kebiasaan memakan daging merah, terbukti oleh penelitian meningkatkan risiko tiga kali lipat pada laki-laki. Kebiasaan merokok dan meminum alkohol juga berkontribusi pada meningkatnya faktor risiko.


Kanker kolorektal adalah kanker yang dikembangkan oleh sel-sel abnormal di usus besar. Akumulasi makanan dan zat aditif berbahaya yang masuk lewat gaya hidup tidak sehat mungkin dapat menciptakan mutasi genetik pada sel-sel di usus besar manusia.


“Kanker itu dipengaruhi oleh lingkungan. Jika seseorang sudah memiliki bakat kanker dari gen ditambah lingkungan yang positif untuk pertumbuhan sel kanker, baik dari imunitas atau zat yang masuk ke tubuh, maka akan semakin mudah seseorang terkena kanker,” pungkasnya.


0 Response to "Pria 50 Tahun ke Atas Berisiko Kanker Usus"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef