Jago di Bidang Mata, Nila F Moeloek Jadi Menkes?

Berita Kesehatan


TEKA-TEKI pengumuman kabinet Menteri Era Jokowi-JK sebentar lagi terjawab. Mendekati detik terakhir muncul lagi calon Menteri kesehatan baru sebagai pengganti Nafsiah Mboi, yakni Nila F Moeloek.


Padahal, kemarin nama Hasbullah Tabrani yang menjabat sebagai guru besar FKM UI muncul dalam deretan calon menteri kesehatan. Namun, kali ini hadir versi baru seseorang yang bergerak di bidang kesehatan akan menemani Jokowi-JK bekerja lima tahun mendatang.


Rencananya, hari ini Minggu (26/10/2014) Presiden RI ke-7 akan mengumumkan kandidat Menteri di Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Semua berkas calon menteri telah selesai diperiksa KPK.


Mengulik perjalanannya, Nila F Moeloek merupakan seorang ahli penyakit mata yang menjadi guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Sebelum menjadi orang sukses di bidangnya, Nila menuntaskan studi S1 di fakultas yang sama di tahun 1968.


Lalu, alumnus Kampus Kuning melanjutkan studi di bidang ophtalmology dan berhasil meraih gelar spesialis mata (SpM) enam tahun berikutnya. Dia pun pernah belajar subspesialisasi di International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda dan di Kobe University, Jepang.


Setelah itu meneruskan pendidikan konsultan Onkologi Mata dan program Doktor Pasca Sarjana di FKUI. Di tahun 1980-an dirinya mengabdi sebagai seorang dosen di universitas yang sama.


Kesuksesannya di bidang ahli mata, membuat wanita berusia 65 tahun ini mengembangkan diri dan didapuk sebagai kepala divisi tumor mata di RSCM Kirana pada 1979-1998.


Pada saat sama, Nila pernah menjadi koordinator penelitian di Departemen Opthalmology, FKUI-RSCM. Kemudian, dirinya menjabat sebagai ketua umum Darma Wanita Persatuan Pusat periode 2004-2009.


Keeksisannya di bidang politik memang tak begitu nampak. Namun, dokter spesialis mata ini sempat menjadi calon kuat menteri kesehatan pada Era SBY-Boediono alias Indonesia Bersatu II.


Namun, dirinya belum sempat menjadi Menteri Kesehatan, tapi hanya pernah diutus presiden untuk perwakilan Indonesia dalam Millennium Development Goals (MDGs) tahun 2009-2014). Demikian dikutip dari situs resmi FKUI, Minggu (26/10/2014).


0 Response to "Jago di Bidang Mata, Nila F Moeloek Jadi Menkes?"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef