Gigi Tanggal Lebih Dini, Apa Penyebabnya?

Berita Kesehatan





Gigi tanggal apa penyebabnya (Foto: Dentalcolumbus)



Gigi Tanggal Lebih Dini, Apa Penyebabnya?

PADA umumnya, gigi permanen yang tanggal terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut. Proses fisiologis yang menyebabkan gigi tanggal pada lansia, bisa dialami siapa saja, termasuk orang yang masih muda sekalipun. Berikut sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi percepatan gigi tanggal?


“Proses fisiologis pasti terjadi pada siapa saja. Ini seperti uban di rambut. Dengan semakin menuanya seseorang, gigi dapat tanggal satu per satu. Namun, setiap orang berbeda-beda, tergantung kronologisnya,” ujar drg. Susi R. Puspitadewi, spesialis prostodonsia, dalam sebuah seminar mengenai gigi tiruan, di Jakarta, belum lama ini.


Gigi tanggal pada lansia umumnya terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang rahang yang menyebabkan gusi mengerut dan gigi mudah goyah dan tanggal. Beberapa penyakit degeneratif atau sistemik juga dapat mendukung tanggalnya gigi pada lansia.


Faktor fisiologis memang tidak bisa dihindari, namun bisa diperlambat. Penerapan gaya hidup yang mengutamakan kebersihan dan perawatan gigi yang baik di saat muda dapat memperpanjang usia gigi.


“Menjaga gigi tentunya dengan menjaga kebersihan dengan menggosok gigi dan jangan makan dengan cara atau kebiasaan yang dapat merusak gigi. Kontrol gigi ke dokter minimal enam bulan sekali. Dan pada lansia harus pakai gigi tiruan untuk menambah kualitas hidup,” tutupnya.


(ren)

0 Response to "Gigi Tanggal Lebih Dini, Apa Penyebabnya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef