Gigi Berlubang Jika Dibiarkan Picu Kista!

Berita Kesehatan





Gigi berlubang picu kista gigi (Foto: Theguardian)



Gigi Berlubang Jika Dibiarkan Picu Kista!

KARIES atau gigi berlubang adalah masalah umum yang disebabkan kurangnya menjaga kebersihan mulut. Gigi berlubang yang tidak segera ditangani dan dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan masalah besar, termasuk kista radikular.

Kista radikular adalah pembengkakan abnormal sel epitel, khususnya di akar gigi. Menurut drg. Susi R. Puspitadewi, kondisi tersebut dapat diawali dengan pembusukan pada gigi yang terinfeksi bakteri. Gigi yang dibiarkan lama membusuk akan menyebabkan kelainan sampai pada jaringan periapikal.


“Kista ini diawali dengan pertumbuhan granuloma (pembengkakan sel yang terbentuk sebagai pertahanan terhadap infeksi) pada jaringan di apeks (ujung akar) gigi. Jika granuloma itu terinfeksi, ini bisa jadi kista. Kista yang terinfeksi selanjutnya bisa jadi tumor,” jelasnya kepada Okezone, di Jakarta, belum lama ini.


Gigi berlubang yang lama dibiarkan dapat membuat bakteri menginvasi sampai ke akar gigi, yang kemudian menyebabkan granuloma. Granuloma umum terjadi saat jaringan mengalami infeksi. Jika infeksi terjadi berulang, ini dapat menimbulkan kista bawah akar gigi.


“Gejala awal ini kalau gigi di rahang atau gusi dekat gigi yang bolong menjadi bengkak. Ini biasanya akan hilang timbul. Itulah mengapa gigi bolong yang sudah melebar harus dicabut dan jika kista sudah terjadi, gigi dan jaringannya harus dikerok agar tidak tumbuh lagi,” tutupnya.


(ren)

0 Response to "Gigi Berlubang Jika Dibiarkan Picu Kista!"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef