Kursi Bayi di Mobil Lebih Kotor daripada Toilet

Berita Kesehatan


detail berita
Kursi Bayi di Mobil Lebih Kotor daripada Toilet (Foto: Dailymail)


STUDI baru mengungkapkan bahwa car seat untuk bayi dapat menjadi sarang kuman berbahaya, dua kali lebih banyak daripada toilet. Hal inipun sudah dibuktikan oleh para ilmuwan yang berbasis di University of Birmingham.

Dalam penelitiannya, mereka mengambil sampel dari kursi-kursi bayi di dalam mobil. Secara mengejutkan, para ilmuwan tersebut menemukan rata-rata 100 bakteri dan jamur yang berbahaya setiap satu sentimeter persegi. Jumlah tersebut, dua kali lebih banyak daripada rata-rata bakteri yang ditemukan di toilet dalam ukuran yang sama. Bakteri yang ditemukan antara lain adalah E. Coli dan Salmonella.


Survei diambil dari 2.000 pengguna kendaraan untuk perusahaan ban Continental Tyres yang didukung oleh Tim Birmingham. Mereka mengambil sampel 20 mobil dan rumah untuk dijadikan perbandingan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa mobil para pengendara yang diuji, memiliki lebih banyak spesies bakteri dan jamur berbahaya dibandingkan rumah mereka.


Sekitar satu dari lima pengendara hanya merapikan bagian dalam mobil mereka setahun sekali. Kotak makanan lama, tempat CD, tisu bekas, sampah pembungkus makanan, alat-alat perkakas adalah sampah yang biasa ditemukan di dalam mobil mereka. (Baca: Remaja Kurang Tidur, Obesitas Intai saat Dewasa)


“Kendaraan mobil dapat menjadi tuan rumah bagi sejumlah spesies bakteri yang berpotensi membahayakan manusia,” ujar Dr Anne-Marie Krachler dari Institut Mikrobiologi dan Infeksi di University of Birmingham, seperti dikutip Dailymail, Senin (25/08/2014).


“Kuman ini dapat dengan mudah menyebar dalam mobil yang tidak sering dibersihkan, terutama jika Anda makan di dalam kendaraan atau meninggalkan sampah. Untuk menerapkan prosedur keamanan, sangat penting bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan sederhana dan teratur untuk meminimalkan risiko yang ditimbulkan oleh bakteri dan kekacauan di dalam kendaraan," terangnya


Namun, menurut 40 persen warga Inggris yang diteliti menganggap rendah orang-orang dengan mobil yang berantakan dengan menyebut mereka sebagai orang yang sembrono atau malas.


Ini juga menjadi berita buruk bagi para lajang yang memiliki mobil berantakan, sebab 37 persen orang mengatakan mereka akan memutuskan orang yang baru saja mereka kencani jika kendaraan mereka penuh kekacauan.

(fik)



0 Response to "Kursi Bayi di Mobil Lebih Kotor daripada Toilet"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef