Hepatitis Bisa Berawal dari DBD

Berita Kesehatan


detail berita
Nyamuk penyebab demam berdarah dengue, (Foto: Panamaexpatblog)


HEPATITIS merupakan peradangan yang terjadi pada organ hati atau liver. Penyebab peradangan pada hati bisa bermacam-macam, salah satunya virus demam berdarah.

Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, menjelaskan bahwa virus demam berdarah kerusakannya disebabkan oleh antibodi. Jadi, virus diserang oleh antibodi, dan ternyata antibodi tidak hanya melawan virus tetapi juga merusak tubuh orangnya. (Baca: Perut Buncit, Mungkin Anda Kena Hepatitis B)


"Makanya pembuluh darahnya jadi bocor, sehingga dia syok kalau demam berdarah. Nah, antibodi itu juga diduga menimbulkan gangguan ke livernya, sehingga SGOT/SGT atau enzim livernya menjadi naik," katanya pada SOHO Global Health bertema "Hepatitis, Kenali dan Obati" di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.


Karenanya, banyak pasien demam berdarah yang sembuh, demamnya hilang, trombositnya mulai naik, tetapi ketika pulang SGOT/SGT malah naik. Biasanya, hal ini terjadi jelang pasien DBD pulang ke rumah. (Baca: 1 Orang Tiap 30 Detik Meninggal karena Hepatitis B)


"Tetapi nanti setelah seminggu akan semakin turun dan sembuh, tidak perlu pakai obat-obat apa-apa akan sembuh karena reaksinya semakin berkurang, dan demam berdarah sendiri tidak pakai apa-apa juga akan sembuh," tutupnya. (Baca: Hepatitis B & C Penyebab Utama Kanker Hati)

(fik)



0 Response to "Hepatitis Bisa Berawal dari DBD"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef