Diabetesi Baiknya Konsumsi Menu Sahur seperti Sarapan

Berita Kesehatan


detail berita
Sehat selama puasa (Foto: Safetyportal)


MEMILIKI penyakit tertentu tidak menjadi halangan untuk berpuasa. Namun, Malaysian Dietitians Association (MDA) menganjurkan pasien penyakit kronis berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa.

Menurut MDA, puasa harus aman bagi kebanyakan penderita diabetes, kecuali bagi diabetes yang tidak terkontrol. Selain itu, untuk sehat dan bugar sepanjang bulan puasa bisa dengan memerhatikan pola makan yang baik, minum cukup cairan, dan memeroleh istirahat cukup.


“Setelah lebih dari delapan jam puasa, beberapa makanan dan minuman manis, seperti susu dan jus buah, akan membantu memulihkan kadar gula darah secara bertahap bila dikonsumsi secara perlahan,” ucapnya sebagaimana dikutip Thestar, Senin (30/6/2014).


Alih-alih berbuka puasa dengan sejumlah makanan dalam porsi besar, Mary Easaw-John dari National Hearth Institute menyarankan untuk mengonsumsi menu makanan seperti saat sarapan. Misalnya, sepiring nasi atau roti dan teh.


“Beberapa jam kemudian, seseorang dapat memilih makanan ringan setelah salat tarawih,” tambahnya.


Easaw-John juga menekankan untuk memilih menu sahur yang baik. Hal ini karena, menurutnya, asupan yang dikonsumsi ketika sahur akan menopang satu hari penuh selama puasa. (fik)



0 Response to "Diabetesi Baiknya Konsumsi Menu Sahur seperti Sarapan"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef