13 Negara Bahas Penanggulangan TB

Berita Kesehatan


detail berita
2nd Forum Stop TB Partnership (Foto: Helmi/Okezone)


LAPORAN WHO tahun 2012 menyatakan bahwa Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan global. Diperkirakan 8,6 juta orang terjangkit TB, dan 1,3 juta di antaranya meninggal dunia, termasuk 320.000 kematian diantaranya adalah orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Berdasarkan data tersebut, diketahui 58 persen dari seluruh kasus TB di dunia berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Pasifik Barat. Hal ini disinyalir karena sebagian besar negara yang memiliki beban TB tertinggi berada di kawasan Asia Tenggara, Pasifik Barat dan Mediterania Timur.


Oleh karena besarnya tantangan TB global, pada tahun 2000 pertemuan the World Health Assembly (WHA) mengesahkan dibentuknya Global Partnership yang dinamakan Stop TB Partnership. Pada 1st Forum of National Stop TB Partnership di Seoul, Korea Selatan tanggal 22-23 November 2013, menetapkan Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan 2nd Forum of National Stop TB Partnership 2014.


Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI), sekaligus Ketua 2nd Forum Stop TB Partnership Indonesia, Arifin Panigoro mengatakan bahwa tujuan pertemuan ini adalah untuk berbagi informasi tentang situasi terkini, pelaksanaan dan tantangan dalam upaya melibatkan kemitraan yang luas dalam program penanggulangan TB.


"Melalui forum ini saya optimis dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dalam mengontrol dan penanggulangan TB," ujar Arifin Panigoro pada pertemuan 2nd Forum Stop TB Partnership di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (3/3/2014).


Sementara, Arifin Panigoro menyatakan bahwa tema pertemuan tahun ini adalah "Amplify And Sustain Our Successes in Tuberculosis Control". Diharapkan dari hasil pertemuan ini adalah aksi strategis di tiap negara dengan diterbitkannya kebijakan atau peraturan tentang penanggulangan TB dari pimpinan tertinggi di negara masing-masing.


Forum Stop TB Partnership Indonesia sendiri akan berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 3 sampai 4 Maret 2014. Forum dihadiri oleh 13 negara peserta, yaitu Afghanistan, Bangladesh, Cambodja, China, India, Indonesia, Japan, Nepal, Pakistan, Philippines, South Korea, Thailand, dan Vietnam.


Pada hari pertama ini, forum akan membahas presentasi dari masing-masing negara dan presentasi dari petinggi Global Fund untuk AIDS, TB, dan malaria (ATM). Sedangkan, hari kedua akan dilakukan diskusi kelompok untuk membahas keputusan dan rekomendasi pertemuan dan penutupan. (ind)



0 Response to "13 Negara Bahas Penanggulangan TB"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef