Siapa Saja yang Berisiko Tinggi Tertular Hepatitis B?

Berita Kesehatan


detail berita
Waspada hepatitis B (Foto: Google)


VIRUS hampir selalu menjadi penyebab dari berbagai jenis penyakit, termasuk hepatitis B. Virus hepatitis B sendiri bisa 100 kali lebih menular dibandingkan virus HIV dan kelompok tertentu berisiko tertular Hepatitis B.

Menurut spesialis penyakit dalam Divisi Alergi dan Imunologi RSCM, Dr. Sukamto Koesnoe, SpPD, K-AI, FINASIM, turis yang bepergian ke daerah endemis hepatitis B berisiko tinggi tertular hepatitis B. Dr. Sukamto juga mengatakan bahwa orang dengan perilaku seksual mempunyai lebih dari satu pasangan, dan hubungan seksual antar laki-laki.


“Selain itu, risiko pekerjaan yang berhubungan dengan penyakit hepatitis B, yaitu termasuk petugas kesehatan juga berisiko tinggi tertular hepatitis B,”ujarnya pada acara Simposium Imunisasi Dewasa untuk Tenaga Kesehatan di ruang kuliah Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, Jakarta, Rabu (29/1/2014).


Lebih lanjut, Dr. Sukamto menjelaskan bahwa pasien hepatitis B bisa menjadi kronis tergantung dari usia terinfeksinya. Misalnya, Ia mengatakan bila 90 persen bayi yang terinfeksi hepatitis B pada tahun pertama akan berkembang menjadi infeksi kronis. Sedangkan, 30 sampai 50 persen anak-anak yang terinfeksi hepatitis B pada usia 1 sampai 4 tahun akan menjadi kronis.


“Selain itu, sekira 25 persen pasien hepatitis B dewasa yang terinfeksi sejak usia anak-anak berisiko meninggal akibat kanker hati atau sirrosis,”tandasnya.


Sementara itu, untuk diketahui berdasarkan sumber dari WHO, hepatitis B merupakan penyebab dari 80 persen penyakit kanker hati primer. Selain itu, dikatakan juga bila hepatitis B merupakan penyebab kanker nomor dua selain tembakau. (ind)



0 Response to "Siapa Saja yang Berisiko Tinggi Tertular Hepatitis B?"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef