Rutin Olahraga Lindungi Bayi dari Diabetes

Berita Kesehatan


detail berita
Ibu hamil olahraga (Foto: Medicalexpress)


BEROLAHRAGA sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk bila dilakukan oleh wanita yang sedang hamil. Olahraga ringan yang dilakukan oleh wanita hamil dapat bermanfaat bagi kesehatan bayi yang dikandungnya di kemudian hari.

Penelitian baru dari University of Virginia School of Medicine menyarankan kepada wanita hamil untuk berolahraga. Hal ini karena menurut para peneliti berolahraga selama kehamilan dapat membantu melindungi anak yang belum lahir dari diabetes dan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.


Para peneliti telah menentukan bahwa olahraga selama kehamilan mencegah efek epigenetik pada wanita hamil. Efek ini diyakini menimbulkan tanda kimia pada gen dan menyebabkan diabetes pada keturunannya.


Lebih lanjut, para peneliti mengidentifikasi gen tertentu yang terlibat, tujuannya adalah mengembangkan obat yang akan mencegah efek yang tidak diinginkan. Sementara, para peneliti yang fokus pada diabetes mengatakan bahwa temuan ini dapat memiliki implikasi penting bagi banyak kondisi lain.


“Penularan penyakit dari orangtua kepada keturunannya tidak terbatas pada diabetes, tetapi tampaknya juga banyak kasus penyakit. Ada banyak bukti yang menunjukkan penyakit atherosclerosis, diabetes, hingga skizofrenia dipengaruhi oleh kondisi ibu ketika hamil,”ujar Zhen Yan dari U.Va Robert M. Berne Cardiovascular Research Center, dikutip Medicalexpress.


Selanjutnya, peneliti dari Berne Center, Jessica Connelly melihat lebih dekat pada temuan tersebut untuk memahami efek dari ibu hamil yang mengalami obesitas dan olahraga terhadap gen keturunan. Kemudian, ia mengatakan bahwa hasilnya sangat penting untuk disampaikan kepada wanita hamil.


“Bagi saya, penemuan yang paling penting dari penelitian ini adalah bahwa Anda dapat memodifikasi jumlah olahraga selama kehamilan, sehingga anak memiliki molekul yang berbeda. Kondisi ini memungkinkan anak pada dasarnya menjadi lebih bugar,”tutur Jessica Connelly. (ind)



0 Response to "Rutin Olahraga Lindungi Bayi dari Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef