Cegah Obesitas, Biasakan Anak Makan Sehat sejak Dini

Berita Kesehatan


detail berita
Anak makan sehat (Foto: Google)


SALAH satu faktor yang memengaruhi anak mengalami obesitas adalah pemilihan makanan yang kurang tepat. Dibutuhkan peran besar lingkungan keluarga, terutama orangtua dalam pemilihan makanan pada anak.

Dokter Spesialis Gizi, RSAB Harapan Kita, Dr. Laila Hayati, M. Gizi, SpGK mengatakan, pemilihan jenis makanan juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Dia mengatakan bahwa beberapa studi menunjukkan bahwa empat dari lima orangtua memberikan kebebasan pada anak untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi.


Oleh sebab itu, menurut Dr. Laila, selain memilihkan jenis makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan gizi anak, orangtua juga perlu menjadi contoh dalam menerapkan pola makan yang sehat. Dia mengatakan bahwa anak harus dibiasakan sejak kecil untuk mengonsumsi makanan sehat, dan orangtua harus memberikan contoh di rumah.


“Apa yang diterapkan sejak kecil akan terbiasa sampai dewasa. Jika sejak kecil pola makan sudah dibiasakan makanan digoreng, maka sampai dewasa tidak biasa makan-makanan sehat yang dikukus atau dipanggang,” jelasnya.


Sementara itu, Dr. Laila juga mengatakan, anak laki-laki lebih sulit melakukan perubahan perilaku makan dibandingkan perempuan. Hal ini karena anak laki-laki tidak peduli dengan kondisi tubuhnya dan terpenting makan enak.


“Anak perempuan ketika sudah mulai beranjak remaja kelebihan berat badan, maka dia akan minder. Tetapi, ini juga berbahaya bila dirinya mengikuti diet temannya yang salah. Untuk itu, peran orangtua sangat penting dalam memberikan penerangan,” jelasnya. (ind)



0 Response to "Cegah Obesitas, Biasakan Anak Makan Sehat sejak Dini"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef