Usia 50 Tahun Jangan Lupa Skrining Kolonoskopi

Berita Kesehatan


USIA 50 tahun adalah usia yang cukup rentan mengalami berbagai penyakit. Salah satunya kanker kolorektal. Kasus penyakit ini sering kali menyerang masyarakat di usia tersebut.


Kanker kolorektal adalah kanker yang menyerang usus besar. Orang yang mendapati polip atau bakal calon kanker dan kanker stadium dini terkadang sulit dapat merasakannya karena tidak adanya gejala yang ditimbulkan.


Kondisi seperti itu lantas menyebabkan pasien kanker terlambat diobati. Dengan demikian, pencegahan adalah cara yang terbaik. Untuk pencegahan sebelum menderita kanker kolorektal, setiap orang sehat dapat melakukan skrining melalui kolonoskopi.


“Ketika sudah masuk usia 50 tahun, jangan ragu lagi, wanita atau pria, sebaiknya lakukan kolonoskopi. Jika di keluarga ada riwayat kanker, sebaiknya juga melakukannya lebih dini lagi,” pesan Dr. Teoh Tiong Ann, Ahli Bedah dari Mount Elizabeth Medical Centre, Singapura, di Restoran Harum Manis, Jl. KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, Jumat (28/11/2014).


Kolonoskopi menjadi penting untuk dilakukan mengingat kanker ini sering tidak menimbulkan gejala saat masih di stadium awal. Bahkan polip yang berpotensi menjadi kanker, menurut dr. Teoh, dapat segera diatasi jika seseorang melakukan skrining di saat yang tepat.


Menurutnya, kolonoskopi lebih baik dan efektif daripada metode deteksi kanker lainnya, seperti Cancer Marker. “Skrining kanker kolorektal merupakan salah satu keberhasilan besar dalam perawatan kanker,” tutupnya.


0 Response to "Usia 50 Tahun Jangan Lupa Skrining Kolonoskopi"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef