Menjemur Pakaian Dalam Ruangan Ancam Kesehatan

Berita Kesehatan


MENGERINGKAN cucian di dalam ruangan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti asma, menurut dokter dan peneliti di Inggris.


Pakaian yang dijemur di dalam ruangan tertutup dapat meningkatkan kadar kelembapan di rumah hingga 30 persen. Kondisi demikian menciptakan lingkungan yang ideal untuk spora jamur, seperti Aspergillus fumigatus, untuk berkembang biak.


Para ahli memperingatkan bahwa spora tersebut dapat menyebabkan infeksi paru-paru. Profesor David Denning dan timnya di National Aspergillosis Centre di Manchester telah mengeluarkan peringatan setelah ia semakin banyak mengobati pasien yang telah menghirup spora jamur tersebut.


Satu muatan cucian basah mengandung hampir dua liter air, yang menguap di dalam ruangan. Sebagian besar dari kita baik kebal terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembap, atau memiliki sistem yang cukup sehat untuk melawan infeksi.


"Tapi pada penderita asma, ini dapat menyebabkan batuk dan napas tersengal-sengal. Juga pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pasien kanker yang menjalani kemoterapi, pasien AIDS dan orang yang memiliki penyakit auto-imun, jamur dapat menyebabkan aspergillosis paru-paru,” tutur Denning.


Aspergillosis paru-paru atau pulmonary aspergillosis adalah kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan sinus yang tidak dapat diperbaiki dan kadang-kadang fatal.


“Saran saya, ketika ragu untuk menjemur cucian basah di luar, lebih baik jemur pakaian di dalam ruangan yang memiliki ventilasi baik, yang jauh dari kamar tidur dan ruang di mana banyak anggota keluarga beraktivitas, daripada menyesal," pesannya, seperti dikutip dari Dailymail, Minggu (30/11/2014).


Craig Mather, seorang ayah tiga anak berusia 43 tahun, dari Bolton, menderita TBC pada 1997. Penyakit ini membuat paru-parunya lemah dan memperburuk kondisi kesehatannya yang pernah menderita asma sewaktu kecil.


"Saya hanya mulai pulih ketika dokter yang mendiagnosis saya dengan aspergillosis paru kronis memberikan resep obat khusus untuk melawan infeksi jamur. Saya sering batuk dan berkeringat di malam hari, terutama ketika saya mengeringkan cucian basah di radiator penghangat di kamar tidur,” tuturnya.


Dokter mengatakan bahwa kebiasaan tersebut bisa membuat masalahnya lebih buruk. Selama 12 bulan terakhir, Mather tidak lagi mengeringkan pakaian di dalam ruangan dan ia melihat peningkatan besar dalam kesehatannya.


Aspergillosis adalah nama dari sekelompok kondisi yang disebabkan oleh jamur yang disebut aspergillus. Infeksi jamur ini biasanya memengaruhi tenggorokan, sinus, dan paru-paru, akan tetapi ini dapat menyebar ke bagian mana saja di tubuh. (yac)


0 Response to "Menjemur Pakaian Dalam Ruangan Ancam Kesehatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef