Manfaat Nebulizer Wajib Moms Tahu

Berita Kesehatan


PERNAHKAH si kecil batuk-pilek lalu diuap/inhalasi (nebulizer) di rumah sakit? Jika ya, berarti Moms tak asing lagi dengan alat nebulizer tersebut, apalagi jika buah hati Anda mengidap asma.



Tak sedikit pula para Moms membeli alat nebulizer sendiri yang bisa digunakan sendiri di rumah. Amankah memakai alat ini tanpa bantuan ahli?


Dr. H. Adi Tagor Harahap. SpA, DPH dari RS Mayapada Jakarta menjelaskan nebulizer adalah suatu alat yang mampu mengubah zat dalam bentuk cair ke uap. Pada umumnya nebulizer diberikan pada orang yang mengalami gangguan sistem pernapasan seperti batuk, pilek maupun obstruksi atau penyumbatan saluran pernapasan oleh mukus (dahak).


Nebulizer cenderung diberikan pada bayi atau anak-anak karena usia tersebut belum mampu mengeluarkan dahak secara optimal.


Pada penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang ditandai dengan peradangan disertai batuk, pilek, adanya dahak, bisa mengganggu kebersihan jalan napas membuat aliran oksigen ke paru-paru tidak lancar, dahak inilah yang harus kita bersihkan.


Untuk bisa membersihkan dan mengeluarkannya dahak harus kita buat lebih encer, disinilah fungsi pemberian nebulizer.


Bronkodilator & Ekspektoran


Nebulizer umumnya berupa cairan yang diberi obat bronkodilator dan ekspektoran. Bronkodilator berfungsi untuk melebarkan otot-otot saluran pernapasan, sedangkan ekspektoran sebagai pengencer dahak. Cairan ini akan diubah menjadi uap oleh nebulizer yang diberikan dengan cara menghirup uapnya.


Lewat pemberian obat melalui nebulizer, dahak akan lebih encer dan saluran napas lebih meluas sehingga dahak lebih mudah keluar saat batuk dibantu dengan menepuk ringan pada bagian dada dan punggung. Manfaat pemberian nebulizer biasanya langsung terasa. Pada kasus berat, pemberian nebulizer harus rutin agar tidak terjadi penumpukan dahak.


Sebenarnya nebulizer bukanlah teknik baru dalam pengobatan gangguan saluran pernapasan. Sebelum ada nebulizer, baskom berisi air hangat biasa digunakan untuk melegakan pernapasan dengan menghirup uap air hangat yang ada di baskom.


Jika dahak terlalu lama menyumbat saluran napas dampaknya adalah gangguan oksigenasi (sesak dan kekurangan oksigen) pada jaringan tubuh.


Ikuti Saran Dokter!


Bisa dikatakan nebulizer lebih bagus dibanding obat oral karena tidak mengendap dalam darah, karena bentuknya uap. Jadi efek samping obat sangat kecil. Penggunaan nebulizer ampuh juga penggunannya, sama dengan obat oral tiga kali sehari.


Dosis dan penggunaan campuran obat nebulizer harus dikonsultasikan ke dokter, karena harus sesuai dengan berat badan dan usia si anak.


Moms yang memiliki nebulizer sendiri di rumah bisa mengatakannya pada dokter anak, sehingga dokter dapat memberi resep sesuai kondisi anak.


Namun bukan berarti setiap anak yang batuk pilek harus diberikan nebulizer ya Moms! Semuanya harus berdasarkan saran dan konsultasi dokter.


Efek Samping


Pemakaian nebulizer ada aturan mainnya. Tidak boleh terlalu sering karena nebulizer dapat menimbulkan iritasi pada saluran napas.


Sebenarnya dampak negatif dari meminum obat-obatan lebih banyak daripada nebulizer. Efek dari nebulizer biasanya mengembangnya infeksi jamur pada mulut (thrush) dan suara serak (dysphonia), tapi kondisi ini sangat jarang.


Untuk menghindari efek samping tersebut, beberapa dokter menyarankan bahwa orang yang menggunakan nebulizer harus membilas mulutnya.


Hal ini tidak berlaku untuk bronkodilator tetapi pasien mungkin masih ingin membilas mulut mereka karena rasa tidak enak dari beberapa obat bronchodilating.


Bila si Kecil Asma


Jika buah hati Anda mengidap asma dan sering menggunakan nebulizer. Ada baiknya memahami kunci utama menghadapi asma yaitu hindari pemicu atau alergennya, seperti ikan laut, cokelat, debu, bulu binatang , AC kotor atau terlalu dingin, dan sebagainya.


Jika serangan asma datang, segera minum persediaan obat asma yang diresepkan dokter. Patut diketahui tujuan kesehatan asma ialah menjarangkan serangan, sejarang mungkin, karena serangan asma yang sering dalam jangka panjang menimbulkan kerusakan jaringan paru yang menetap.


0 Response to "Manfaat Nebulizer Wajib Moms Tahu"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef