Makan Yoghurt Kurangi Risiko Diabetes

Berita Kesehatan


PASTI Anda tahu minuman sehat jenis ini. Ya, yoghurt dipercaya miliki segudang manfaat untuk kesehatan, terutama untuk usus.


Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine menunjukkan bahwa, mengonsumsi yoghurt secara harian dapat menurunkan risiko rendah diabetes tipe 2 hingga 18 persen.


Diabetes adalah penyakit kronis yang menyebabkan kadar gula darah tinggi. Sekitar 90 persen dari kasus diabetes adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tubuh mengalami resistan insulin.


Orang yang menderita diabetes tipe 2 juga berada pada risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, stroke, bahkan kanker. Selain itu, komplikasi kecil seperti penyakit gusi atau luka sukar membeku juga dapat dialami penderita diabetes.


Para peneliti meneliti sekitar 200.000 pria dan wanita berusia 25-75 selama sekitar 30 tahun. Seperti dilansir Healthmeup, mereka menganalisis kesehatan peserta penelitian dengan melakukan wawancara dan memberikan kuesioner diet secara rutin dan komprehensif.


Peneliti pun menemukan sekitar 15.156 kasus diabetes tipe 2 selama penelitian dilakukan. Setelah mempertimbangkan usia, indeks massa tubuh, gaya hidup tidak sehat, mereka menemukan tanda positif pada mereka yang rutin mengonsumsi yoghurt.


Walaupun para peneliti tidak dapat menentukan dengan tepat bagaimana yoghurt membantu mengurangi risiko diabetes, analisis membuktikan bahwa mereka yang makan 28 gram porsi yoghurt setiap hari dikaitkan dengan risiko 18 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.


Beberapa karakteristik antioksidan dari bakteri probiotik dalam yoghurt, yang mungkin menjadi alasan untuk mengurangi risiko, ditemukan. Yoghurt penuh probiotik, yaitu mikroorganisme yang penting untuk mengelola pencernaan dan fungsi usus.


0 Response to "Makan Yoghurt Kurangi Risiko Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef