Di Indonesia, Penderita Stroke Berasal dari Segala Umur

Berita Kesehatan


detail berita
Penderita Stroke Berasal dari Segala Umur (Foto: Boldsky)


STROKE merupakan salah satu penyebab kematian teratas di Indonesia. Penyakit tersebut tidak hanya dialami oleh orang tua, tapi juga terjadi pada anak-anak.

"Dulu, pasien stroke biasanya berumur 50 tahun ke atas, tetapi sekarang saya bisa menemukan pasien berumur 20 dan 30 tahun sudah terserang stroke," kata dr Heri Aminuddin, SpBS(K), di RSU Bunda Jakarta, Selasa (26/8/2014).


Perubahan ini, imbuh dr Heri, terjadi karena banyak faktor. Selain karena hipertensi dan diabetes, stroke juga bisa diakibatkan gaya hidup yang buruk, stres, atau kecelakaan yang melukai otak.


"Stroke juga dapat disebabkan faktor penyakit yang menurun," imbuhnya.


Secara statistik, 80% stroke disebabkan faktor iskemia atau penyempitan pembuluh darah. Stroke iskemik di antaranya dapat diakibatkan oleh penyakit darah kental, darah mudah membeku, dan timbunan zat-zat berbahaya dari rokok.


Kendati demikian, 10-15% juga disebabkan karena stroke hemoragik atau tekanan darah tinggi yang dapat membuat pembuluh darah pecah. Baik stroke iskemik maupun hemoragik sama-sama membunuh sel-sel otak.


"Sel yang tidak mendapat oksigen dan sari makanan dari darah dapat mati dalam beberapa jam, begitu juga saat sel tergenang darah dari pembuluh darah yang pecah," sahut dr Ibnu Benhadi, SpBS(K) pada kesempatan yang sama. (fik)



0 Response to "Di Indonesia, Penderita Stroke Berasal dari Segala Umur"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef