Penyebab Nyeri Sendi pada Ibu Hamil

Berita Kesehatan


detail berita
Ibu hamil nyeri (Foto: Boldsky)


KEHAMILAN adalah momen terindah bagi seorang wanita. Namun, kehamilan juga bisa memberikan rasa gelisah dan ketidaknyamanan.

Salah satu faktor yang membuat wanita tidak nyaman dengan kehamilannya adalah nyeri sendi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan wanita hamil mengalami nyeri sendi, berikut penjelasannya sebagaimana dikutip Boldsky, Selasa (22/7/2014).


Peningkatan berat badan


Ketika hamil, wanita akan mengalami kenaikan berat badan. Sayangnya, kenaikan tersebut sering menimbulkan nyeri sendi. Biasanya wanita hamil merasakan nyeri sendi di bagian pinggul, lutut, dan pergelangan kaki karena harus menopang beban yang semakin berat.


Peningkatan cairan


Ketika hamil biasanya akan ada peningkatan cairan yang dapat mengakibatkan nyeri sendi. Peningkatan cairan menimbulkan rasa nyeri sendi di pergelangan tangan karena meningkatnya tekanan. (Baca: Agar sahur jelang imsak menyehatkan)


Posisi tidur


Rasa nyeri sendi yang timbul selama kehamilan terkadang tidak berhubungan dengan perubahan fisik saat hamil, salah satunya posisi tidur. Ketika hamil, posisi tidur Anda harus selalu di sisi kiri sepanjang malam sehingga dapat terbangun dengan rasa sakit dan mati rasa di sekitar pinggul.


Perubahan hormon


Selama kehamilan, hormon yang dilepaskan tubuh berperan membuat otot ligamen dan tendon lebih rileks. Namun, seiring dengan beban pada panggul meningkat karena peningkatan berat badan, maka pada akhirnya akan menimbulkan nyeri sendi di lutut. (fik)



0 Response to "Penyebab Nyeri Sendi pada Ibu Hamil"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef