Hebatnya Hati, Jadikan Tubuh Sanggup Beraktivitas saat Puasa

Berita Kesehatan


detail berita
Makan sehat untuk liver yang sehat (Foto: Diyhealth)


MENJAGA kesehatan organ dalam tidak sekadar jantung, melainkan semuanya seperti liver atau hati. Pasalnya, organ hati juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem kerja tubuh, termasuk saat puasa.

Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa fungsi utama organ hati adalah untuk sistem metabolisme, membuang racun, serta memerangi infeksi, menyimpan vitamin dan energi. Misalnya, fungsi dalam menyimpan energi, organ hati merupakan tempat untuk menyimpan likogen yang diperoleh dari mengonsumsi makanan berkarbohidrat.


Kemudian, hasil dari mengonsumsi makanan berkarbohidrat adalah glukosa. dr Irsan mengatakan bahwa glukosa tersebut kemudian dipakai sebagai tenaga, tetapi sebagian lagi disimpan di dalam organ hati.


“Kalau kita puasa seperti sekarang ini, kenapa bisa kuat melakukan aktivitas? Hal ini karena kita hidup dan beraktivitas dengan likogen yang dipakai sebagai sumber tenaga,” katanya pada SOHO Global Health bertema “Hepatitis, Kenali dan Obati” di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 15 Juli 2014.


Artinya, imbuh dr Irsan, seseorang yang mempunyai sakit liver berat maka likogennya akan rendah. Dengan demikian, kemungkinan terbesarnya adalah tidak kuat ketika menjalankan ibadah puasa.


“Makanya jelang bulan puasa, saya banyak mendapat pertanyaan dari pasien, ‘Dok, apakah saya boleh berpuasa?’. Dalam tahap tertentu penderita penyakit liver boleh berpuasa, tetapi dalam tahap yang berat tidak boleh,” tutupnya. (Baca: Hepatitis Menyerang Bukan Hanya karena Virus) (fik)



0 Response to "Hebatnya Hati, Jadikan Tubuh Sanggup Beraktivitas saat Puasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef