Badan Demam, Bolehkah Berolahraga?

Berita Kesehatan


detail berita
Badan demam (Foto: Google)



BEROLAHRAGA bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat. Namun bila sedang terserang demam, Anda tidak diperbolehkan untuk berolahraga. Apa pasal?



Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga dr. Grace Tumbelaka, SpKO mengatakan bahwa ketika sedang terserang demam, suhu inti tubuh sedang tinggi. Bila berolahraga, maka suhu inti tubuh tersebut akan semakin tinggi, sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

"Saat demam, suhu inti tubuh meningkat, dan olahraga itu akan meningkatkan suhu inti tubuh. Ketika kita sehat pun dengan berolahraga suhu inti tubuh akan meningkat, ditandai keluarnya keringat," jelas dr. Grace di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.


Berkeringat itu, dijelaskan dr. Grace, sebagai salah satu mekanisme tubuh untuk menurunkan suhu inti tubuh tersebut. Jadi dengan kata lain, kalau sedang demam kemudian berolahraga, maka suhu inti tubuh akan semakin meningkat.


"Dan ternyata, suhu inti tubuh yang meningkat bisa menimbulkan masalah kesehatan tersendiri," ungkapnya.


Sementara, dr. Grace menyarankan bila memang penyakit yang dialami mengharuskan untuk istirahat, maka sebaiknya orang tersebut beristirahat. Namun, dr. Grace mengatakan bahwa semua memang tergantung dari kondisi dan penyakit yang dialami seseorang.


"Kalau penyakitnya mengharuskan dia istirahat, ya harus istirahat. Tetapi, kalau misalnya hanya demam-demam biasa, itu bisa dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan-ringan saja, jalan kaki misalnya," tutupnya.

(tty)



0 Response to "Badan Demam, Bolehkah Berolahraga?"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef