Cegah Gangguan Pencernaan, Jangan Asal Kombinasi Makanan

Berita Kesehatan


detail berita
Makan susu dan buah (Foto: Google)


POLA makan yang sehat adalah diet seimbang dengan variasi makanan. Namun, bukan berarti Anda bisa menggabungkan jenis satu makan dengan makanan tertentu.

Hal ini karena terkadang kombinasi makanan yang kurang tepat dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena proses pencernaan terhambat. Berikut lima kombinasi makanan yang salah seperti dan menghambat proses pencernaan seperti dilansir Femalefirst.


Protein hewani dengan karbohidrat


Enzim kedua jenis makanan ini sangat berbeda. Bila dimakan bersama makanan untuk tidak mendapatkan dicerna dengan baik yang mengarah ke gangguan pencernaan, fermentasi dan pembusukan dalam saluran pencernaan.


Buah dengan karbohidrat


Buah mencerna jauh lebih cepat daripada makanan lain. Banyak orang berpikir menambahkan karbohidrat adalah pilihan untuk sarapan yang sehat, namun itu hanya akan menghambat proses pencernaan. Lebih baik makan buah pada waktu perut kosong dan idealnya di pagi hari.


Susu dengan buah


Jus buah adalah favorit sarapan bagi banyak orang. Permasalahannya adalah bahwa yoghurt adalah protein hewani dan bila dicampur dengan buah akan menyebabkan keasaman dan fermentasi dalam saluran pencernaan.


Hindari minum bersamaan dengan makan besar


Menghindari minum dalam jumlah besar adalah cara terbaik untuk mencegah proses pencernaan yang terhambat. Lebih baik untuk berhenti minum 30 menit sebelum makanan dicerna, dan 2 jam setelah makan. Hal ini untuk memastikan proses pencernaan yang memadai.


Melon setelah makan malam


Melon adalah salah satu buah yang harus dimakan sendiri atau tidak dibarengi dengan makan malam. Hal ini karena buah melon membutuhkan waktu lebih panjang daripada buah-buahan lainnya untuk dicerna. (ind)



0 Response to "Cegah Gangguan Pencernaan, Jangan Asal Kombinasi Makanan"

Post a Comment

Powered by Blogger.

wdcfawqafwef